ISIS Kembali Tewaskan 19 Tentara dan Milisi Sekutu Syam

ISIS Kembali Tewaskan 19 Tentara dan Milisi Sekutu Syam
Kamis, 04 Februari 2021
Damaskus, Syam. Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) menewaskan 19 tentara dan milisi sekutu pemerintah Syam. Imbas dari serangan mendadak di provinsi Hama, Suriah tengah, Rabu (3/2/2021) waktu setempat. 
Negeri Syam masih bergejolak karena sempalan ISIS yang beroperasi untuk mendirikan basis perlawanan. Ist.
“Sedangkan dari pihak penyerang, sebelas anggota Brigade Baqir, milisi lokal dukungan Iran, tewas dari kontak senjata kedua belah pihak itu,” kata Rami Abdul Rahman, Kepala Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SHOR) berbasis di London, Inggris, Kamis (4/2/2021). 

Rami Abdul Rahman berbasis di London, Inggris itu mengatakan serangan ISIS itu, paling mematikan di awal tahun 2021. Disebabkan serangan dilaksanakan mendadak itu terjadi pagi hari, usai waktu sholat subuh berjamaah. 

“Serangan menargetkan posisi rezim di Hama timur, Syam. Menjadi tempat bentrokan baru-baru ini antara pasukan rezim dan anggota ISIS. Lagi-lagi, masyarakat sipil jadi korban,” kata Rami Abdul Rahman di pengasingannya di Inggris. 

Ia menerangkan ISIS menyerbu sebagian besar wilayah Syam dan Irak tahun 2014. ISIS mendirikan kekhalifahan lintas batas pada tahun yang sama. Namun dunia bereaksi dan adakan operasi militer bersama di Irak dan Syam, menyebabkan kekalahan ISIS. Wilayah terakhir ISIS yang digempur pasukan multinasional, membuat ISIS tidak punya tempat kekuasaan tanah lagi, Maret 2019. 

Akan tetapi sempalan ISIS yang hancur-lebur itu, meningkatkan serangan terhadap pasukan rezim Syam. Terutama di bagian timur Syam berbatasan Irak untuk dapat mendirikan basis ISIS lagi. Desember 2020, ISIS menewaskan hampir 40 tentara Syam hasil penyergapan bus militer. Serangan ISIS telah menewaskan lebih dari 1.200 pejuang rezim Syam sejak Maret 2019. 

“Perang di Syam telah menewaskan lebih dari 387 ribu orang sipil, sejak pecah perang tahun 2011,” kata Rami Abdul Rhaman. (int/nur)
Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "ISIS Kembali Tewaskan 19 Tentara dan Milisi Sekutu Syam "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel