Tiongkok Balas Gerombolan Kapal Induk AS dengan Umumkan Latihan Perang

Tiongkok Balas Gerombolan Kapal Induk AS dengan Umumkan Latihan Perang
Selasa, 26 Januari 2021

Beijing, Tiongkok. Tiongkok umumkan akan menggelar latihan militer di perairan laut Tiongkok Selatan pekan ini. Demikian pengumuman dari Badan Keselamatan Maritim Tiongkok, Selasa (26/1/2021) waktu setempat.

Gerombolan kapal induk AS memasuki perairan laut Tiongkok selatan, Sabtu (23/1/2021) membuat Tiongkok umumkan akan latihan perang di lokasi yang sama di Beijing, Selasa (26/1/2021). Int

Mengutip dari Reuters, Selasa (26/1/2021), rencana latihan militer Tiongkok itu, sebagai jawaban adanya gerombolan kapal induk Amerika Serikat (AS) memasuki laut yang menjadi sengketa beberapa negara itu, Sabtu (23/1/2021).

 

Badan Keselamatan Maritim Tiongkok melarang kapal-kapal masuk ke sebagian perairan di Teluk Tonkin, sebelah barat semenanjung Leizhou, barat daya Tiongkok, mulai dari 27-30 Januari 2021. Tidak disebutkan lebih jelas, sebesar apa latihan militer yang akan digelar oleh Tiongkok itu.

 

Sabtu (23/1/2021) lalu, gerombolan kapal induk AS dipimpin USS Theodore Roosevelt, berlayar memasuki perairan laut Tiongkok selatan. Hal itu dilakukan untuk mempromosikan “kebebasan laut”. Beberapa hari usai Presiden AS, Joe Biden resmi menjabat untuk empat tahun ke depan.

 

Senin (25/1/2021), otoritas Tiongkok memprotes AS yang kerap mengirimkan pesawat dan kapal militernya ke laut Tiongkok selatan, sebagai pamer kekuatan. Tiongkok menyebut aksi semacam itu tidak kondusif bagi perdamaian dan stabilitas kawasan.

 

Militer AS terus meningkatkan aktivitasnya di laut Tiongkok selatan beberapa tahun terakhir. Imbas dari tiongkok menegaskan klaim perairan laut Tiongok selatan yang menjadi sengketa dengan Vietnam, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, dan Taiwan. (int/nur)

 

Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "Tiongkok Balas Gerombolan Kapal Induk AS dengan Umumkan Latihan Perang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel