Tentara India dan Tiongkok Kembali Bentrok di Perbatasan Sengketa

Tentara India dan Tiongkok Kembali Bentrok di Perbatasan Sengketa
Senin, 25 Januari 2021

New Delhi, India. Tentara India dan Tiongkok kembali terlibat bentrokan. Kali ini di perbatasan Himalaya yang menjadi sengketa kedua negara. Tepatnya di area Naku La, negara bagian Sikkim, India, Senin (25/1/2021).

Pasukan penjaga perbatasan India (kiri) dan Tiongkok adakan defile persahabatan di perbatasan kedua negara. Ist.

Bentrokan ini dilaporkan memicu korban luka dari kedua pihak. Mengutip AFP, sumber militer dan laporan media setempat menerangkan bentrokan terbaru antara tentara India dan Tiongkok kembali terjadi.

 

Negara bagian Sikkim berada di timur laut India. Wilayahnya setengah lebih daratannya, dikelilingi daerah otonomi Tibet, Tiongkok utara dan timur laut. Kemudian berbatasan dengan Bhutan di timur, Nepal di barat, dan Benggala Barat di selatan.

 

Sikkim juga dekat dengan Koridor Siliguri India, tidak jauh dari Bangladesh. Sikkim paling sedikit penduduknya dan terkecil kedua di antara negara bagian di India.

 

Laporan media-media lokal yang mengutip para pejabat militer India, melaporkan ada korban luka dari kedua pihak. Bentrokan terjadi saat patroli tentara Tiongkok berupaya melanggar wilayah India di Sikkim. Namun akhirnya dipaksa mundur.

 

Mei 2020, terjadi bentrokan berdarah antara kedua Negara. Menewaskan 20 tentara India dan sejumlah tentara Tiongkok yang jumlah pastinya tidak dilaporkan ke publik. Pertempuran tangan kosong antara tentara kedua Negara, enam bulan lalu memicu ketegangan perbatasan India dan Tiongkok yang saling bertetangga.

 

Juni 2020, tentara kedua negara kembali bertempur dengan tinju dan tongkat kayu di lembah Galwan, wilayah Ladakh, bagian timur pemerintahan Jammu dan Kashmir. Ladakh salah satu daerah tempat tinggal tertinggi di muka bumi. Suatu tanag yang seakan-akan bumi dan langit bertemu.

 

India dan Tiongkok berperang di perbatasan tahun 1962 silam. Masing-masing mengerahkan puluhan ribu tentara tambahan di perbatasan.

 

Sampai 2021, masih saling menyalahkan satu sama lain atas segala bentrokan perbatasan. Perundingan de-eskalasi terbaru antara komandan militer India dan Tiongkok, dilaporkan dihelat Ahad (24/1/2021) waktu setempat. Akan tetapi hasilnya belum diumumkan ke khayalak ramai. (int/nur)

Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "Tentara India dan Tiongkok Kembali Bentrok di Perbatasan Sengketa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel