Mantan Dubes Korut untuk Kuwait Membelot ke Korsel

Mantan Dubes Korut untuk Kuwait Membelot ke Korsel
Rabu, 27 Januari 2021

Seoul, Korsel. Mantan duta besar (Dubes) Korea Utara (Korut) untuk Kuwait, Ryu Hyun-woo membelot ke Korea Selatan (Korsel) bersama keluarganya. Terungkap media harian Bisnis Maeil di Seoul, Senin (25/1/2021).

Tentara wanita Korut dalam parade militer di bawah pimpinan pemimpin tertinggi, Kim Jong Un. Ist.

Uniknya, Ryu sudah membelot ke Korsel sejak September 2019, setelah dikhabarkan hilang oleh Korut. Kedatangan Ryu ke Korsel sebenarnya masih dirahasiakan sampai sekarang, demi keselamatan keluarganya.

 

“Saya membelot karena saya ingin menawarkan anak saya masa depan lebih baik," kata Ryu di suratkhabar Maeil Business.

 

Pembelotan pejabat senior Korut jarang terjadi. Namun Ryu di Korsel, hanya dua bulan setelah mantan Dubes Korut untuk Italia, Jo Song Gil meminta suaka ke Korsel. Sekitar 30 ribu warga Korut dilaporkan melarikan diri dari negaranya. Mereka menetap di Korsel diam-diam, setelah menyeberangi perbatasan melewati Tiongkok.

 

Awalnya, Ryu menjadi pelaksana tugas (Plt) Dubes Korut di Kuwait, September 2017. Setelah Kuwait mengusir Dubes Korut So Chang Sik. Pengusiran So Chang Sik dikarenakan Kuwait mengadopsi resolusi Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) atas program senjata nuklir Pyongyang.

 

Ryu adalah menantu Jon Il Chun, mantan kepala Kantor 39 yang mengelola dana rahasia pimpinan Korut yang beroperasi di seluruh dunia.

 

Pembelot Korut terkenal lainnya, Tae Yong-ho melarikan diri dari jabatannya sebagai wakil Dubes Korut untuk Inggris, tahun 2016. Tae Yong-ho terpilih sebagai anggota parlemen oposisi Korsel tahun 2020, menggambarkan Ryu sebagai bagian dari "elite inti" Pyongyang yang potensial.

 

“Tidak peduli betapa istimewanya hidup Ryu di Korut, pikiran akan berubah ketika pergi ke luar negeri dan membuat perbandingan dengan kehidupan Korut,” kata Tae Yong-ho mengomentari pelarian Ryu dari Korut.

 

Ia mengatakan pemimpin Korut, Kim Jong Un tidak akan bisa menghentikan warga Korut yang merindukan kebebasan. Utamanya pergi ke Korsel untuk selamanya.

 

Hubungan antara dua Negara Korea masih tegang. Padahal sudah ada pertemuan puncak di Hanoi, Vietnam pemimpin Korut Kim Jong-Un dan mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump, tahun 2019. (int/nur)

Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "Mantan Dubes Korut untuk Kuwait Membelot ke Korsel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel