Israel Buka Kedutaan Besar di Dubai UEA

Israel Buka Kedutaan Besar di Dubai UEA
Senin, 25 Januari 2021

Yerusalem. Kementerian Luar Negeri (LN) Medinat Yisra'el (Negara Israel) mengumumkan pembukaan kedutaan besarnya di Uni Emirat Arab (UEA), Ahad (24/1/2021). Pembukaan kedutaan itu menjadi langkah baru setelah Israel dan UEA menormalisasi hubungan sejak September 2020.

Model Israel, May Tager (kana) menjadi model pertama negaranya mengadakan pose pemotretan di negara Arab, UEA. Didampingi model UEA Anastasia (kanan) di Dubai, Senin (25/1/2021). repro Tarek Fahmy di Dubai/AFP.

Tajuk utama AFP, Senin (25/1/2021), pembukaan kedutaan besar Israel di UEA merupakan misi diplomatik ke dunia Arab. Israel juga sedang melakukan perjanjian normalisasi dan kesepakatan baru dengan empat negara Arab lainnya.

 

Kedutaan Besar Israel di Abu Dhabi, UEA secara resmi telah dibuka dengan kedatangan kepala misi Eitan Naeh. Kedutaan Israel di UEA akan memajukan hubungan antarnegara di semua tingkatan. Misi ini akan memperluas hubungan dengan pemerintah UEA, badan keuangan dan sektor swasta, universitas, media, dan banyak lagi.

 

UEA dan Bahrain menandatangani kesepakatan yang dijembatani Amerika Serikat, September 2020. Tujuannya untuk menormalisasi hubungan Negara-negara Arab dengan negara Yahudi itu.

 

Dikenal sebagai "Abraham Accords” (Perjanjian Abraham). Abraham sendiri di bahasa Arab disebut Ibrahim. Bapak dari bangsa Yahudi dan bangsa Arab.

 

Kedutaan Besar Israel di Abu Dhabi, UEA akan beroperasi dari kantor sementara sampai pihaknya menemukan fasilitas permanen untuk kantor resminya.

 

Kementerian LN Israel juga merilis, pembukaan kedutaan besar ini menghancurkan konsensus lama Arab. Terkait tidak boleh ada normalisasi dengan Israel, sampai mencapai kesepakatan damai yang komprehensif dengan Palestina.

 

Belum adanya kesepkatan damai namun ada Negara Arab yang berdamai dengan Israel, membuat Palestina meradang dan mengutuk perjanjian itu, sebagai "tikaman dari belakang".

 

“Israel dan UEA telah menandatangani perjanjian tentang penerbangan langsung dan perjalanan bebas visa. Bersama dengan kesepakatan tentang perlindungan investasi, sains, dan teknologi,” kata Gabi Ashkenazi, Menteri LN Israel.

 

Ashkenazi juga berterima kasih kepada pewaris takhta UEA, Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Zayed dan para rekan-rekannya. “Menteri LN UEA Sheikh Abdullah bin Zayed atas kepemimpinan dan keramahan mereka terhadap perwakilan kami,” sanjungnya. (dtk/nur)

Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "Israel Buka Kedutaan Besar di Dubai UEA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel