Forum Ekonomi Dunia Ke-51 Dibuka Tiongkok

Forum Ekonomi Dunia Ke-51 Dibuka Tiongkok
Senin, 25 Januari 2021

Davos, Swiss. Pandemi global Covid-19, memaksa World Economic Forum (WEF) atau Forum Ekonomi Dunia Davos ke-51 mengadakan konferensi tingkat tinggi secara online. Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Xi Jinping secara resmi membuka Davos Agenda 2021, Senin (25/1/2021).

Presiden RRT, Xi Jinping membuka WEF Davos ke-51 secara online di ruang kerjanya di Beijing, Sebub (25/1/2021). Istimewa

“Dunia sedang menghadapi resesi terburuknya sejak akhir Perang Dunia II 1945. Ekonomi di semua kawasan telah mengalami pukulan keras. Bahkan triliunan dolar paket bantuan di seluruh dunia, tidak dapat menghapuskan ketidakpastian yang sedang terjadi,” kata Xi Jinping.

 

Ia menyarankan negara-negara di dunia, fokus melakukan berbagai upaya untuk mendorong perekonomian. Fokus pada prioritas saat ini, mendanai tanggapan yang jelas, dan pembangunan ekonomi.

 

“Dukungan kebijakan ekonomi makro (kecil) harus ditingkatkan untuk membawa ekonomi dunia keluar dari kesulitan sedini mungkin,” tegas Xi Jinping.

 

Ia menegaskan lagi, perlu menggeser kekuatan pendorong dan model pertumbuhan ekonomi global dan memperbaiki strukturnya. Tiongkok baru-baru ini melaporkan kenaikan produk domestik bruto (PDB) sebesar 6,5 persen kuartal keempat tahun 2020. Mendorong pertumbuhannya selama setahun penuh menjadi 2,3 persen.

 

Xi Jinping lebih lanjut membahas mengenai upaya global dalam memerangi Covid-19. Pemerintahan dunia telah berhasil mencapai kemajuan awal dalam hal itu.

 

“Musim dingin tidak bisa menghentikan datangnya musim semi. Kegelapan tidak pernah bisa menutupi cahaya fajar,” tutur Xi Jinping.

 

Xi Jinping juga memaparkan pentingnya saling menjaga perdamaian antarnegara. Menghapuskan prasangka ideologis terhadap negara lain dan mengutamakan perdamaian. Hubungan saling menguntungkan.

 

“Kita telah berkali-kali melihat mengemis kepada sesama, melakukan sesuatu sendiri, dan melakukan isolasi sombong itu akan selalu gagal,” kupas Xi Jinping.

 

Ia juga membahas perlunya menutup kesenjangan antara negara maju dan berkembang. “Hak yang sama, kesempatan yang sama, dan aturan yang sama harus diperkuat. Semua negara akan mendapatkan keuntungan dari peluang dan hasil pembangunan,” ajak Xi Jinping. (dtk/nur)

Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "Forum Ekonomi Dunia Ke-51 Dibuka Tiongkok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel